Jumat, 29 Maret 2013

Makanan Lezat, Jantung Sehat

Cara untuk memelihara jantung agar tetap sehat adalah dengan mengatur gaya hidup sehat dan yang terpenting adalah mengatur pola makan. Di jaman serba modern ini, mayoritas orang kurang memperhatikan pola makan kesehariannya dan seringkali memilih makanan cepat saji untuk dikonsumsi tanpa melihat kandungan gizi di dalamnya.
Berikut adalah beberapa makanan sehat dan bermanfaat bagi jantung.
1. Ikan Segar
    Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotonin, zat yang akan membuat Anda rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Selain itu, mengonsumsi ikan kaya asam lemak Omega 3 sebanyak 1-2 kali per minggu dapat mengurangi risiko kematian koroner hingga 36%. Sajikan ikan laut yang dipanggang atau dikukus.

2. Gandum
    Gandum utuh kaya akan serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Gandum Merupakan  sumber kalori sehat yang kaya serat, vitamin dan mineral, zat besi, magnesium dan folat. Beberapa studi telah mengaitkan konsumsi gandum untuk menurunkan kolesterol darah dan pencegahan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, gandum utuh akan memasok serotonin yang akan membuat Anda merasa bahagia. Mengonsumsi setengah cangkir gandum utuh sehari akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. Sereal gandum, oat dan pasta gandum adalah contoh makanan yang baik untuk jantung Anda.

3. Daging Tanpa Lemak
    Daging biasanya bukan pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Nyatanya Anda tetap bisa menikmati daging merah (sapi, kambing, domba) tanpa lemak. 4 hingga 6 ons daging tanpa lemak tetap sehat untuk jantung Anda karena kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat Anda lebih tenang. Daging tanpa lemak ini paling baik Anda sajikan dalam bentuk steak.

4. Sayur Berdaun Hijau
    Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung.
Bayam, kangkung, daun lobak dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang mengagumkan karena mengandung banyak zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga mood Anda. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung Anda. Sayuran tersebut bisa Anda olah menjadi apa saja, jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang.

5. Brokoli
    Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.

6. Asparagus
    Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung Anda dari radang. Selain itu, asparagus juga rendah kalori. Anda bisa mengolah asparagus dengan cara merebusnya lalu diberi siraman minyak zaitun, perasan lemon dan sedikit taburan keju parmesan.

7. Paprika
    Paprika kaya akan vitamin C, kalium, vitamin A dan antioksidan. Kandungan kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan sel yang berperan dalam kontraksi otot. Bagi penderita darah tinggi, dianjurkan mencukupi kebutuhan kalium dari buah dan sayuran untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

8.  Almond
     Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda berada dalam 'mood' yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa Anda campur pada sarapan oatmeal Anda.

9. Coklat
     Bukan sembarang coklat, tetapi dark chocolate (dengan kadar cocoa setidaknya 75%) akan baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung Anda. Sebuah penelitian di University of Scranton di Pennsylvania menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 ons dark chocolate sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk yang satu ini, tidak perlu diolah macam-macam, langsung digigit juga sudah lezat.

10. Blueberry
       Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tetapi blueberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna biru-ungu gelap ini kaya antioksidan dan vitamin C, keduanya mampu atasi stres serta rendah kalori sehingga ini baik untuk jantung Anda. Tidak perlu diolah macam-macam, Anda langsung bisa mengonsumsinya.
   
   

5 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus
  2. Terpercaya, Berpengalaman, CS ramah dan online 24 jam.
    Gabung dengan kami (www,updatebetting,co) dan dapatkan cashback 3% setiap minggunya.

    BalasHapus
  3. F4ns Bett1ng agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
    buruan daftar 5ee80afe

    BalasHapus
  4. PUNYA MASALAH DENGAN KEUANGAN ANDA?
    SEGERA INVITE 2B1E7B84 ATAU KUNJUNGI WEB #KELINCI99

    BalasHapus