Rabu, 01 Mei 2013

Bahaya Rokok Bagi Jantung

      Semua orang sudah tahu bahwa merokok dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Sekitar 40% kematian akibat penyakit jantung disebabkan oleh rokok. Dibandingkan dengan bukan perokok, para perokok mempunyai resiko dua kali lebih besar meninggal karena serangan jantung dan lima kali lebih besar kemungkinan meninggal karena serangan jantung mendadak.

Sebatang rokok mengandung 4.000 jenis bahan kimia dalam rokok, dengan 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker), di mana bahan racun ini lebih banyak didapatkan pada asap samping, misalnya karbon monoksida (CO) 5 kali lipat lebih banyak ditemukan pada asap samping daripada asap utama, benzopiren 3 kali, dan amoniak 50 kali. Bahan-bahan ini dapat bertahan sampai beberapa jam lamanya dalam ruang setelah rokok berhenti.

Banyak penelitian telah membuktikan adanya hubungan merokok dengan penyakit jantung koroner (PJK). Merokok menjadi faktor utama penyebab penyakit pembuluh darah jantung tersebut. Bukan hanya menyebabkan penyakit jantung koroner, merokok juga berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan perifer. 

Umumnya fokus penelitian ditujukan pada peranan nikotin dan CO. Kedua bahan ini, selain meningkatkan kebutuhan oksigen, juga mengganggu suplai oksigen ke otot jantung (miokard) sehingga merugikan kerja miokard.

Dampak nikotin adalah akan  meningkatkan curah jantung dengan mempercepat denyut jantung 15-25 kali per menit, menaikkan tekanan darah 10-20mmH. Untuk mempertahankan kerja jantung yang meningkat ini, jantung akan memerlukan oksigen lebih banyak. Karena pada perokok darahnya banyak mengandung nikotin dan CO, kebutuhan oksigen ini jadi terpenuhi, bahkan otot jantung akan semakin mengalami kerusakan. Hal ini dapat memacu serangan  jantung. 

Sedangkan CO dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kekentalan darah. CO yang bergerak bersama aliran darah menyebabkan iritasi, peradangan pada dinding pembuluh darah arteri, termasuk pembuluh darah koroner.

Berhenti merokok adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan jantung, karena resiko terkena serangan jantung berkurang secara signifikan dengan segera setelah kita mulai berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar