Senin, 01 April 2013

Kenali Berbagai Penyakit Jantung Di Sekitar Anda!


Jantung merupakan pusat dari kehidupan manusia. Jantung adalah sebuah rongga organ yang berotot untuk memompa darah melalui pembuluh darah dengan cara kontraksi berirama secara berulang-ulang. Jantung berfungsi untuk mengedarkan darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika jantung berhenti berdenyut, maka organ tubuh lainnya akan kehilangan oksigen dan berhenti bekerja. Hal tersebut akan berakibat fatal bagi tubuh karena dapat mengakibatkan kemaian.

Namun, tidak banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan jantung. Dengan pola hidup yang tidak sehat, berbagai penyakit akan menyerang jantung kita. Banyak orang berpikir bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang diderita oleh orang lanjut usia. Padahal penyakit jantung tidak mengenal usia dan jenis kelamin.

Oleh karena itu mari kita mengenali beberapa jenis penyakit jantung yang seringkali dialami namun tidak banyak orang yang mengetahuinya.

1. Jantung Koroner
Penyakit jantung satu ini sudah cukup terkenal. Penyakit ini terjadi karena adanya timbunan lemak atau karang yang disebut atheroma, yang terjadi di dinding arteri pemasok darah penuh oksigen ke jantung. Sumbatan itu membuat arteri menyempit hingga aliran darah beroksigen yang diperlukan oleh jantung menjadi terhambat. Kejadian inilah yang membuat jantung sakit. Ketika jantung sakit, penderitanya akan merasakan nyeri dada (angina). Nyeri dada ini dapat terjadi ketika ada kejutan, hentakan emosi yang begitu dahsyat, tekanan emosi atau masalah psikologis lainnya. Tapi, ada juga penderita yang tidak merasakan apa-apa. Tiba-tiba langsung mendapatkan serangan jantung. Tersumbatnya aliran darah ini dapat berdampak sangat fatal, walaupun belum mampu merusak jantung secara permanen.

2. Aritmia
Irama jantung yang tidak normal. Normalnya detak jantung adalah 60-100 kali per menit. Penderita aritmia mempunyai detak jantung di bawah 60 kali per menit karena terhentinya detak jantung dalam waktu beberapa detik. Ketika detak jantung berhenti, penderitanya biasanya bisa merasakan seperti ada sesuatu yang menyumbat di leher. Tapi, kadang gangguan ini tidak terlalu terasa. Hanya saja kelelahan mudah sekali menghampiri para penderita aritmia ini.

3. Gagal Jantung
Keadaan jantung seperti inilah yang sangat mematikan. Detak jantung tidak normal. Penderitanya bisa saja tidak sadarkan diri. Bila tidak cepat ditolong, maka nyawa penderitalah taruhannya.

4. Palpitasi
Semua orang bisa mengalami palpitasi, keadaan debar jantung yang cepat. Hal ini biasanya terjadi saat berolahraga, menderita demam tinggi atau adanya keadaan emosional yang membuat debar jantung tidak beraturan (gugup atau sangat marah). Palpitasi ini tidak dikaitkan dengan penyakit yang sangat mematikan. Tapi, sebagian orang yang sangat memperhatikan kesehatan jantungnya, akan sangat merasakan keadaan ini karena mereka sangat sensitif. Keadaan jantung berdebar ini juga bisa akibat dari mengetahui bahwa orang tua atau anggota keluarga lainnya ada yang mengidap penyakit jantung.

5. Valvular Heart Disease
Penyakit ini diakibatkan oleh kerusakan katup jantung, sehingga menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Jantung berdebar, badan lemas adalah ciri-ciri dari gejala penyakit ini.

Setelah mengenali berbagai jenis penyakit jantung dan penyebabnya, kita menjadi lebih tahu dan peduli dengan kesehatan jantung kita. Terapkan pola hidup sehat mulai saat ini dan makan makanan yang baik dan bergizi untuk tubuh anda.


4 komentar:

  1. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

    BalasHapus
  2. Terpercaya, Berpengalaman, CS ramah dan online 24 jam.
    Gabung dengan kami (www,updatebetting,co) dan dapatkan cashback 3% setiap minggunya.

    BalasHapus
  3. F4ns Bett1ng agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
    buruan daftar 5ee80afe

    BalasHapus
  4. Bersama Kami Agen Betting Online Terpercaya
    Dapatkan Promo Menarik Dari Agen Bolavita
    Mari Bergabung Di website

    www. sateayam. co
    www. sateayam. org
    www. sateayam. net
    www. ayamkari. co
    www. ayamkari. com
    www. ayamkari. net
    www. ayamkari. org

    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : D8C363CA
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002

    BalasHapus